Home Minahasa Terhitung Hari Ini, BPS Minahasa Laksanakan SP-2020 Berbasi Online

Terhitung Hari Ini, BPS Minahasa Laksanakan SP-2020 Berbasi Online

17
0
SHARE
Terhitung Hari Ini, BPS Minahasa Laksanakan SP-2020 Berbasi Online

MINAHASA, postkota.id - Sebagaimana program Pemerintah Republik Indonesia (RI) terkait pendataan penduduk Indonesia, Melalui Badan Pusat Statistik RI hari ini mulai melaksanakan Sensus Penduduk 2020 bertajuk Mari Bersama Mencatat Indonesia.

Sama halnya di Kabupaten Minahasa, BPS Minahasa Sabtu (15/02) 2020 mulai melaksanakan Sensu Penduduk (SP) berbasis online.

Kepala BPS Kabupaten Minahasa, Leopold Rawung SE mengatakan SP berbasis online ini adalah salah satu tahapan dari SP 2020, yang dimulai hari ini, sampai tanggal 31 maret 2020.

"SP berbasis online ini akan diisi sendiri oleh masyarakat. Baik melalui Smart Phone, atau PC. tentunya dengan membuka alamat website resmi BPS  sensus.bps.go.id ," tutur Rawung.

Diharapnya, masyarakat khususnya di Kabupaten Minahasa untuk menunjang program tersebut.

"Sensus Penduduk dilaksanakan sepuluh Tahun sekali. jadi sangat diharapkan kepada masyarakat untuk memberi data yang akurat, dan menunjang program pemerintah ini," katanya.

Adapun langka yang untuk pengisian data SP 2020 yakni:

Masuk ke halaman Website sensus.bps.go.id kemudian, masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Setelah itu, klik kotak kosonh pada Captca lalu klik "cek keberadaan". dan jika pertama kali melakukan akses pada SP online, buatlah kata sandi, dan pilih pertanyaan keamanan yang sesuai lalu klik buat pasword.

Setelah itu, masukan kata sandi yang sudah dibuat. selanjutnya bacalah panduan awal mengenai pengisian data, kemudian klik mulai mengisi. ikuti petunjuk dan jawablah pertanyaan dengan jujur dan sebenar-benarnya.

Setelah mengisi seluruh pertanyaan klik tombol kirim. dan terakhir, unduh atau kirimkan bukti pengisian pada email anda. (varly pantow)